Jangan Panik Ketika HP Tertinggal di Rumah, Gunakanlah WhatsApp Web

Suatu pagi di hari Senin, saya telat bangun tidur. Begitu melihat jam dinding, arah jarum hampir mendekati angka delapan. Saya panik dan langsung bangkit menuju kamar mandi. Duh, hari ini saya akan terlambat masuk kantor.
Saya memang pulang larut malam setelah menghabiskan weekend bersama teman-teman lama. Badan saya pun masih terasa lelah. Wajar jika sampai bangun kesiangan. Tapi itu sungguh bukan sebuah alasan yang bisa diterima atasan. Saya harus profesional.
Tanpa membuang waktu, begitu selesai mandi langsung ganti pakaian resmi dan siap berangkat. Sepeda motor saya melaju cepat ke arah kantor di Jalan Soedirman. Untungnya jalanan tak terlalu macet. Pukul setengah sepuluh saya sudah mendarat di sebuah gedung yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta.
Dan alhamdulilah, meskipun terlambat setengah jam, atasan langsung saya ternyata belum berada di kantor mungkin sedang ada pekerjaan di luar. Sedikit lega dan saya langsung memulai pekerjaan rutin berkoordinasi dan mengarahkan tim di bawah saya. 
Astaga, saya baru sadar karena berangkat terburu-buru, ternyata handphone saya tertinggal di rumah. Lantas bagaimana saya bisa berkomunikasi dengan tim yang berada di lapangan? Sedangkan untuk pulang mengambil handphone rasanya tidak mungkin. Menyuruh orang untuk mengambil handphone di rumah pun sepertinya mustahil.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Stiker Line Premium Secara Gratis

Beruntunglah, teknologi zaman sekarang banyak memberikan kemudahan. Saya teringat beberapa hari sebelumnya saya membuka aplikasi WhatsApp melalui komputer. Saya nyalakan komputer dan langsung menuju website WhatsApp. Agak deg-degan juga waktu menunggu loading WhatsApp Web.

Begitu terbuka, lega sekali rasanya. Akun WhatsApp saya masih terrecord di browser internet pada komputer ini, meskipun sudah beberapa hari. Jadi selama handphone saya masih menyala dan aktif, meskipun berada di rumah yang jaraknya puluhan kilometer, WhatsApp saya tetap bisa dipergunakan dari komputer. Bahkan WhatsApp Web akan mengingatkan jika kondisi batere handphone sudah low.
Akhirnya persoalan koordinasi dengan tim hari itu terselesaikan. Karena selama ini, koordinasi di kantor memang mengandalkan aplikasi WhatsApp dan telepon langsung. Di luar urusan kantor, yang mungkin menghubungi saya lewat BBM, Line atau telepon terpaksa harus menunggu respon saya sampai sore hari.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui dan Melacak Indentitas Pemilik Nomor Handphone Tak Dikenal

Jika ada yang pernah ketinggalan handphone dan harus berkoordinasi dengan rekan atau keluarga yang sama-sama menggunakan aplikasi WhatsApp mungkin bisa memanfaatkan WhatsApp Web seperti saya. 
Dengan catatan, Anda beberapa hari sebelumnya sudah pernah login ke WhatsApp Web dan melakukan scan barcode dari handphone, baru di lain kesempatan Anda bisa membuka akun WhatsApp di komputer atau laptop dan browser internet yang sama tanpa menggunakan handphone.
Berikut ini cara login ke WhatsApp Web untuk pertama kali.
1. Masuk ke website www.whatsapp.com lalu klik WhatsApp Web.
2. Di layar komputer akan muncul barcode seperti gambar di bawah ini.
www.whaffindonesia.com
3. Untuk memasukan barcode itu, buka aplikasi WhatsApp di handphone android  Anda. Lalu sentuh bagian bawah sebelah kiri dan akan muncul beberapa perintah, klik WhatsApp Web. Di layar handphone Anda akan muncul scanner barcode, arahkan handphone ke barcode di layar komputer hingga terbaca oleh scanner di handphone.
www.whaffindonesia.com
4. Jika proses scanner barcode sudah berhasil. Layar komputer akan langsung membuka akun WhatsApp anda. Sekarang Anda bisa berkomunikasi dengan rekan-rekan atau keluarga dengan WhatsApp Web.
www.whaffindonesia.com
Akun WhatsApp anda akan terekam selama beberapa hari di browser dan komputer/laptop yang sama. Jadi di kemudian hari, Anda sudah bisa masuk ke WhatsApp Web tanpa harus scan barcode dengan handphone lagi. Saya tidak tahu berapa lama persisnya, sebuah akun akan terrecord di komputer. Tapi pengalaman saya, hingga lebih dari sebulan, akun WhatsApp saya masih bisa dibuka dari komputer tanpa harus scan barcode lagi.

Panduan lengkap cara mendapatkan uang dari handphone android:  Rahasia Kesuksesan Bagas Pramudita Meraup Rp 263 Juta dari Whaff Rewards 

Keunggulan dari WhatsApp Web dibandingkan dengan Line dan BBM untuk desktop adalah WhatsApp Web bisa diakses tanpa perlu menginstal aplikasi di komputer. Selain itu, loading dan pengiriman pesannya juga sangat cepat, nyaris tak ada jeda.
Semoga uraian tentang cara menggunakan WhatsApp Web ini bisa bermanfaat.
Salam sukses!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 Komentar

  1. gak pada baca apa? "beberapa hari sebelumnya saya pernah buka whatapps via laptop/pc", jadi langkap no 3 dan ambil hp lalu scan barcode sudah pernah dilakukan beberapa hari sebelumnya

  2. Ahh.. gk jelas kmu bro..katanya hpnya tertinggal terus kamu buka wa dari internet, toh juga mta scan QR dari hp, itu artinya kamu tetap aja gak bisa/alias masih tergantung juga dari hpmu yang tertinggal itu payah kammu bro

  3. artikel mcm apa ini :v hp ketinggalan tp disruh scan barcode. harus pulang dlu ambil hp? :v judulnya ganti aja bang jangan clickbait!

  4. ini buat yang sudah pernah pake WhatsApp web. kemudian kalau hp ketinggalan, tinggal dibuka saja WhatsApp web, langsung terbuka karena datanya pernah tersimpan.

  5. pleaseee deh. baca yng cermt. itu kan dia udh pernh log in sebelumnyaa. jdi tinggal buka. klo nomer 3 buat yng belum pernah.